Tuesday 15 September 2015

Cara Sederhana Menjumlahkan Bilangan Biner


Hai! Sobat Pinses, gimana kabarnya ini?

Uda lama banget gak nge-post. Kali ini mau mosting ilmu yang dulu tidak sengaja dapat waktu duduk di bangku kelas 3 SMK. Waktu itu iri sama seorang teman, karena dia berhasil menciptakan sebuah cara simple dalam pengerjaan soal yang diberikan oleh guru mapel saya sekaligus menjabat sebagai Wali kelas. Bpk. Darmuji namanya, dan seorang teman saya bernama Dedi Darma. Karena sebuah cara yang dia dapatkan, dia menjadi cukup populer diantara jurusan yang kami duduki. Karena Bpk. DM (inisial) memperkenalkan cara yang ia dapat kepada semua muridnya di jurusan yang sama. Nah, mulai dari situ saya mencoba untuk membuat cara simpel yang berhubungan dengan logika saya. Alhamdulillah, saya mendapat sebuah cara yang sangat simpel menurut saya, yang bahkan saya sendiri tidak tahu dari mana asalnya. Saya dapat dengan mudah menjumlahkan bilangan biner tanpa harus mengingat empat rumus berikut:

0 + 0 = 0
1 + 0 = 1
0 + 1 = 1
1 + 1 = 0 (simpan 1)

Disini saya akan bagikan cara saya, yang dulu sebenarnya mau saya perkenalkan kepada seorang wali kelas, namun gagal! karena pelajaran di lanjut ke materi berikutnya. Bismillah, cara ini saya berinama “YF Simple Biner”. Oke, langsung aja yok!

Contoh soal:

101111
110110
101000

Catatan pertama:

“Jika angka 1 berjumlah genap, maka hasilnya juga genap atau 0. Jika angka 1 berjumlah ganjil, maka hasilnya ganjil yaitu 1”

 Yang harus diketahui, Biner tidak punya bilangan lain kecuali 0 dan 1.

Catatan kedua:

“Jika angka 1 memiliki pasangan (terdapat dua angka 1), maka angka 1 disimpan ke kiri paling teratas.”


Kita selesaikan contoh diatas:
Klik untuk perbesar gambar.


Catatan ketiga:

Angka 1 dikatakan berpasangan, jika dalam satu baris jumlah angka 1 nya genap (2, 4, 6, 8, 10,dst..). Kemudian, berapa banyak jumlah pasangan angka 1, maka segitu juga banyaknya angka 1 yang disimpan disebelah kiri teratasnya.”

Contoh:

2 Angka 1        : Satu pasang, simpan 1
4 Angka 1        : Dua pasang, simpan 2
6 Angka 1        : Tiga pasang, simpan 3
8 Angka 1        : Empat pasang, simpan 4

Begitu seterusnya....

Lalu bagaimana jika jumlah angka 1 nya ganjil?

1, 3, 5, 7, 9, 11, dst...

Contoh:



Nah, seperti itu sobat. Kalau sudah paham, menurut saya lebih gampang dan simpelan cara ini. Karena, kita hanya menghitung jumlah angka 1 nya saja untuk menemukan jawabannya. Daripada cara umumnya, yang harus menjumlahkan semua angka yang berada di deretan baris. Ya, kalau dapat soal sedikit, kalau seperti ini?

101011
111111
000111
110001
110011
110010
110001

Hehe, terserah sobat gimana simple nya. Kalau mau yang cara umum, boleh baca di sini. Maaf kalau ribet, mudah – mudahan bermanfaat...

Kalau mau bertanya, bisa lewat FB saya:

Thanks to: Allah SWT, Bpk. Darmuji
Previous Post
Next Post

0 komentar: